Sabtu, 26 Juni 2010

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN FISIK

  1. Faktor Keluarga, faktor keluaga ini meliputi faktor keturunan dan faktor lingkunga. Karena faktor keturunan, seorang anak dapat lebih tinggi atau panjang dari pada anak lain nya sehingga ia lebih berat tubuhnya, jika ayah dan ibu atau kakeknya tinggi dan panjang. Faktor lingkungan akan membantu menentukan tercapai tidaknya perwujudan potensi keturunan yang di bawa anak tersebut. Pada setiap usia, lingkungan lebih banyak pengaruhnya terhadap berat tubuh daripada terhadap tinggi tubuh.
  2. Faktor Gizi, Anak-anak yang memperoleh gizi cukup biasanya akan lebih tinggi tubuhnya dan sedikit lebih cepat mencapai taraf remaja dibandingkan dengan mereka yang kurang memperoleh gizi. Lingkungan juga dapat emberikan pengaruh p[ada remaja sedemikian rupa sehingga menghambat atau mempercepat potensi untuk pertumbuhan di masa remaja.
  3. Faktor emosional, Anak-anak yang selalu mengalami gangguan emosional akan menyebabkan terbentunya steroid adrenal yang berlebihan, dan ini akan membawa akibat berkurangnya pembentukan hormon pertumbuhan di kelenjar PITUITARI. Bila terjadi hal demikian, pertumbuhan awal remaja akn terhambat dan tidak tercapai nyaberat tubuh yang seharusnya.
  4. Faktor Jenis Kelamin, Anak laki-laki cenderung lebih tinggi dan lebih berat dari pada anak perempuan. Kecuali pada usia 12 dan 15 tahun. Anak perempuan biasanya akan sedikit lebih tinggi dan lebih berat dari pada anak laki-laki. Terjadinya perbedaan berat dan tinggi tubuh ini karena bentuk tulang dan otot pada anak laki-laki memang berbeda dari anak perempuan.
  5. Faktor Status sosial Ekonomi, Anak-anak yang berasal dari keluarga yang status sosial ekonomi rendah, cenderung lebiih kecil dari pada anak yang berasal dari keluarga yang status sosial ekonominya tinggi.
  6. Faktor Kesehatan, Anak-anak yang sehat dan jarang sakit, biasanya akan memiliki tubh yanglebih berat dari pada anak yang sering sakit.
  7. Faktor Pengaruh Bentuk Tubuh, bangun/bentuk tubh, apakah mesomort, ektomorf, atau endomorf, akan mempengaruhi besar kecilnya tubuh anak. Misalnya anak yang bangun tubuhnya mesomorf akan lebih besar dari pada yang bangun tubuhnya endomorf atau anak yang ektomorf, karena mereka memang lebih gemuk dan berat.

13 komentar: